Sendhiko Dawoh

Think smart

EDIT FOTO JADI LUKISAN


Kalo nte suka ma lukisan tapi nte ga bisa ngelukis, ada cara to bikin karya lukisan sendiri. dijamin hasilnya karya nte sendiri ga usah jiplak apalagi ngebajak karya orang laen.

Nte ngelukis ga perlu berlepotan cat en ga perlu megang kuas. Yang perlu nte lakuin Cuma ngejepret ato motret objek, mo sawah,gunung, laut, model ke, bahkan foto orang kawinan coz menta bantuan ma Adobe Photoshop versi brapa aja deh ( software olah digital ). Neeh caranya …

1. cari file foto yg mo nte edit trus buka di photoshop
Sebelum mulai, siapin foto yang pengen nte jadiin lukisan. Nte bisa pake koleksi foto, ato download dari Internet. Foto pemandangan yg pernah gw coba to lukisan pake tehnik ini. kalo foto objek lain misalnya foto manusia, kurang kena to teknik ini tapi terserah nte aja mo nya gmana . kalo foto dah siap ato ada, buka pake photoshop. Foto nte akan ngebuka dalam jenis background diphotoshop.

2. gandain foto
Kalo foto dah dibuka, gandain foto nte tinggal drag dan drop foto nte yang asli aja ke ikon create a new layer < > yang ada pada bagian bawah tab Layer. Sesaat kemudian akan terbentuk duplikasi gambar yang tempatnya ada diatas foto aslinya. foto hasil gandaan nte tadi akan langsung jadi berjenis Layer, dan nte bisa modifikasi lebih lanjut dan fleksibel lagi. Tujuan digandain layer ini to nutupi gambar aslinya ama gambar yang pengen dimodifikasi.

3.kasih efek Find Edges
Kalo gambar dah diduplikasi, klik thumbnail layer baru hasil duplikasi tadi pada tab Layer. trus kasih efek Find Edges. Caranya, klik menu Filter | Stylize | Find Edges. Efek Find Edges ini akan ngelakuin pencarian garis batas tepi semua objek yang ada di foto. trus semua warna diilangin dan cuma tepian yang ditandai dengan garis-garis hitam. kalo ada bagian foto atau objek yang ga punya atau ga diakhiri ama garis pinggir yang jelas, maka otomatis akan jadi area putih aja.

4. Atur Blending mode
Kalo nte dah dapet efek Fine Edges pada layer yang baru tadi, atur deh opsi Blending mode dari layer ini jadi Multiply. Caranya, klik dropdown menu pengaturan Blending mode yang ada di tab Layers di sebelah dropdown menu Opacity, biasanya terisi ama opsi Normal. Setelah diklik, pilih opsi Multiply di dalamnya, maka gambar nte akan keliatan seperti ditambahin dan disatuin ama foto asli di bawahnya. ama efek ini aja nte udah dapetin foto dah persis seperti lukisan pemandangan pake media lukisan cat minyak.

5. Kasih efek Pensil warna
Untuk mainin nuansa-nuansa di lukisan nte, nte bisa kasih beberapa efek tambahan. Untuk bikin lukisan nte jadi seperti lukisan yang dibikin pake pensil warna, nte bisa ngasih efek Colored pencil pada layer yang paling atas tadi. Caranya, klik menu Filter | Artistic | Colored pencil… Atur deh parameter-parameter yang ada di dalem efek ini sesuai keinginan dan selera nte. Kalo dah selesai, klik OK, maka lukisan pensil warna udah bisa nte dapetin.

6. Kasih efek kanvas
Untuk nyiptain nuansa lukisan diatas kanvas foto nte, kasih efek kanvas di atasnya. Caranya, masih pada layer yang paling atas, klik menu Filter | Texture | Texturizer. Setelah window opsinya ngebuka, pilih opsi Canvas pada pengaturan Texture. Trus atur parameter scaling jadi lebih besar dari 100 % dan relief menjadi 8. nte bias juga ngatur arah datangnya cahaya pada kanvas tersebut. Eksperimen aja ama opsi-opsi ini. Kalo dah selesai klik OK, maka nte dah dapetin foto nte dilukis di atas kanvas.

7. Simpen jadiin skin
Lukisan siap dinikmati. kalo semuanya beres, nte udah bisa dapetin tiga jenis lukisan ciptaan sendiri dengan cara relatif mudah, ga usah pake bayar, ga pake lama,ga usah kotor kotoran kena cat,ga usah pusing nyampurin cat, dan ga harus bisa ngelukis pula. Yang perlu nte perhatiin dalam pembuatan lukisan ini adalah pemilihan foto pemandangan yang cocok untuk teknik ini. Foto pemandangan alam terbuka yg ada pohon dan gunung mungkin adalah yang paling cocok dibuat pake teknik ini. Pilihlah koleksi foto nte yang sesuai ama kriteria ini.

1 komentar:

Cara Online mengatakan...

gak ada contoh hasilnya ya bang...

Poskan Komentar

ad

Yahoo Messenger....

Pesan Singkat


ShoutMix chat widget

Labels

Google Translate

Pengikut